Advertisement 300 X 250

Pages

Fungsi Terbilang dengan Suara

Sabtu, 11 Februari 2012

“Pulsa anda sekarang adalah : dua – puluh – ribu – tiga – ratus – rupiah !” Demikian sahut operator mesin di seberang sana saat seseorang merequest cek pulsa pada penyedia layanan telepon selular.
“Pemberhentian berikutnya: halte sarinah, mohon periksa kembali barang bawaan anda dan hati-hati melangkah”, operator di dalam bus trans Jakarta mengingatkan para penumpangnya sesaat sebelum bus berhenti pada stasiun tertentu.
“Nomer antrian tiga – puluh – empat, di counter dua”, operator mesin kembali bersuara di sebuah antrian Bank.
Canggih sekali ya suara-suara tersebut ! Ternyata aplikasi berbasis suara sangat membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Rumitkah membuat program di atas ?, “Loh memang suara itu diprogram yach ?, bukannya ada mbak-mbak yang ngomong di speaker ?”. “Ya iyalah diprogram… kasihan sekali dong mbak-nya jika terlahir ke dunia ini hanya untuk nongkrongin mikrofon terus setiap waktu”. Hi hi hi..
Membuat aplikasi  ini ternyata sangatlah mudah, bahkan nenek kita sekalipun bisa membuatnya :-D . Pada artikel ini dipaparkan teknik pembuatan aplikasi terbilang dengan suara, persis seperti pada proses cek pulsa penyedia layanan telepon selular. Aplikasi dibuat menggunakan algoritma sederhana menggunakan PHP, Javascript, dan sebuah Adobe flash player untuk memutar file mp3.
Download artikel selengkapnya:
gibransyah-terbilang-dengan-suara.zip

SUMBER : http://ilmukomputer.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar